Contoh Soal Latihan Sosiologi SMA/MA Kelas 10 Bab 4 & 5 Semester 2 Kurikulum KTSP
A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan cara memberi
tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d, atau e!
1. Faktor-faktor yang memengaruhi kepribadian seseorang adalah
seperti berikut, kecuali . . . .
a. lingkungan fisik
b. penemuan baru
c. warisan biologis
d. pengalaman kelompok
e. kebudayaan khusus
2. Peranan nilai sosial dalam proses interaksi antarindividu atau
kelompok adalah . . . .
a. menjaga keteraturan sosial
b. memberi arah orientasi tindakan
c. sebagai penentu kepribadian seseorang
d. untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia
e. sebagai alat kekuasaan
3. Memberikan dan menerima dengan tangan kanan termasuk
norma . . . .
a. agama d. adat-istiadat
b. hukum e. kesusilaan
c. kesopanan
4. Agen sosialisasi yang pertama dan utama bagi seorang individu
sejak lahir adalah . . . .
a. media massa d. keluarga
b. teman bermain e. lingkungan kerja
c. sekolah
5. Sosialisasi adalah pengalaman sosial seumur hidup di mana
individu dapat mengembangkan potensinya dan mempelajari
pola-pola kehidupan masyarakat. Pengertian ini disampaikan oleh. . . .
a. John C. Macionis
b. Koentjaraningrat
c. Mayor Polak
d. Peter Berger
e. Prof. Dr. Nasution, SH
6. Nilai Vital adalah segala sesuatu . . . .
a. menyangkut kebutuhan fisik manusia
b. yang berhubungan dengan perasaan dan insting manusia
c. mengenai hal-hal yang berguna untuk aktivitas dalam
hidupnya
d. berasal dari proses berpikir yang teratur
e. yang berhubungan dengan kebutuhan rohani
7. Tahap seorang anak menirukan peran-peran yang dilakukan
orang dewasa dinamakan . . . .
a. game stage d. preparation stage
b. play stage e. interaction stage
c. generalized stage
8. Faktor ekstrinsik dalam proses sosialisasi meliputi . . . .
a. norma, nilai dan struktur sosial
b. motivasi dan minat
c. pengetahuan dan teknologi
d. kepribadian
e. penemuan baru
9. Menurut Prof. Notonegoro, nilai itu dirinci menjadi tiga kelompok
besar yaitu nilai. . . .
a. dominan, nilai khusus dan nilai material
b. material, nilai vital dan nilai kerohanian
c. abstrak, nilai riil, dan nilai vital
d. sosial, nilai kultural dan nilai khusus
e. material, nilai vital dan nilai riil
10. Tokoh yang mengenalkan konsep diri dan cermin diri dalam
proses sosialisasi adalah . . . .
a. Goerge Herbert Mead
b. Charles Horton Cooley
c. Paul B. Horton
d. Peter Berger
e. Bruce J. Cohen
11. Dalam pengendalian sosial antara lain mendapatkan fungsi
sebagai berikut . . . .
a. menciptakan keteraturan sosial
b. melindungi ketertiban sosial
c. menciptakan homogenitas
d. menyelamatkan manusia dari tindakan yang berdosa
e. menghindari perilaku menyimpang
12. Semua tindakan individu atau kelompok individu yang
menyimpang terhadap norma-norma sosial disebut . . . .
a. social order
b. norma sosial
c. deviasi sosial
d. pengendalian sosial
e. nilai sosial
13. Pihak-pihak yang berperan aktif dalam pengendalian sosial
sebagai penegak hukum adalah . . . .
a. hakim dan polisi
b. masyarakat dan dokter
c. hakim dan DPR
d. jaksa dan bupati
e. pengacara dan masyarakat
14. Pernyataan di bawah ini merupakan akibat negatif bagi pecandu
narkoba, kecuali . . . .
a. meningkatkan produktivitas dan kreativitas bagi pemakai
b. merusak sistem syaraf sehingga perilakunya tidak terkontrol
c. suka mencuri dan tindakan amoral lainnya
d. sering melanggar hukum
e. rasa kering di mulut dan kerongkongan
15. Penyimpangan sosial merupakan perilaku yang oleh sejumlah
besar orang dianggap sebagai hal tercela dan di luar batas
toleransi, hal ini menurut pendapat . . . .
a. Peter L. Beger
b. J.S. Roucek
c. Robert L. Merton
d. Sigmund Freud
e. Edwin H. Sutherland
16. Siswa yang melanggar tata tertib sekolah sebaiknya diberikan
sanksi . . . .
a. preventif
b. represif
c. persuasif
d. rehabilitasi
e. dekadensi
17. Pemabuk dan gelandangan adalah perilaku menyimpang dengan
tipe adaptasi . . . .
a. konformitas
b. inovasi
c. pengunduran diri
d. ritualisme
e. rebellion
18. Pengendalian sosial secara represif adalah . . . .
a. memaksa orang agar mematuhi aturan dan kaidah yang
berlaku
b. dilakukan pembinaan dan konseling setelah mendapatkan
sanksi
c. penegakan hukum dengan cara memberi hukuman seberat-
beratnya
d. memberi penjelasan tentang hukum
e. memasang rambu-rambu lalu lintas
19. Bentuk pengendalian sosial yang paling efektif dan bersifat formal
adalah . . . .
a. hukum
b. adat istiadat
c. norma sosial
d. nilai sosial
e. kebiasaan
20. Penyimpangan primer adalah penyimpangan yang . . . .
a. dilakukan secara terus-menerus dan dalam jangka waktu
yang lama
b. terjadi pada masyarakat bawah
c. melibatkan orang banyak atau dalam kelompok
d. hanya merugikan diri sendiri
e. bersifat sementara
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan singkat
dan tepat!
1. Bagaimana peran nilai sosial dan norma sosial dalam proses
sosialisasi di masyarakat? Jelaskan!
2. Sebutkan agen-agen sosialisasi dan jelaskan peran masing-masing
agen tersebut!
3. Mengapa proses sosialisasi sangat penting bagi manusia? Apa
yang akan terjadi apabila seorang individu kurang bersosialisasi
dengan lingkungan sekitarnya?
4. Jelaskan tahap-tahap proses sosialisasi George Herbert Mead!
5. Bagaimana peran keluarga dalam membentuk kepribadian
seseorang?
6. Menurut Koentjaraningrat cara pengendalian sosial dibagi
menjadi empat, sebutkan dan jelaskan!
7. Jelaskan faktor yang mendorong seseorang melakukan tindakan
menyimpang padahal sistem pengendalian sosial sudah diatur
sedemikian rupa!
8. Bagaimana terjadinya perilaku menyimpang?
9. Apa yang harus dilakukan oleh pemerintah Indonesia untuk
mencegah meluasnya white-collar crime?
10. Menurut kalian apa yang menjadi penyebab terjadinya
perkelahian antarpelajar?
No comments:
Post a Comment